22 Tahun Eksistensi Senandung Madani di Dunia Nasyid

IslamicTunesNews.net – Menjaga eksistensi sebuah grup musik bukanlah perkara yang mudah. Salah satunya, butuh sikap istiqamah untuk dapat mewujudkannya. Grup musik Senandung Madani adalah salah satu grup musik yang dapat menjaga keberadaannya, 22 tahun sudah mereka berkiprah di dunia nasyid.

Senandung Madani berdiri tanggal 10 Agustus 1998 di Kota Bandung. Saat ini memiliki 7 personal; H. Dede Ahmad Sidik / Bapak Dea (Manager – MC), Lukman Hadi (Vokalis), Farman Fauzi (Vokalis – MC- Qori), Muhammad Saefudin (Vokalis), Syahida (Vokalis), Dadang (Keyboardist 1), dan Iyan Subhan (Keyboardist 2). Keberadaan mereka juga didukung oleh 2 additional personal; Muhammad Wahab (Percusionist), Ali Efendi (Crew Multimedia).

Eksistensi Senandung Madani di Dunia Nasyid

Untuk menyebarkan karya-karya nasyid agar makin sampai pada masyarakat luas, mereka telah merilis 5 album fisik yang bertajuk; Pesan Perjuangan (2002), Langkahku (2007), The Best of Nasyid (2008), Langkahku (2010 – New Version), Semusim Inspirasi (2010), dan Kekasih Hati (2014).

Selama perjuangan mereka berdakwah lewat nasyid, Senandung Madani telah mencetak beragam prestasi; Juara 1 Festival Nasyid Tingkat Kabupaten Bandung pada tahun 2000, Juara 1 Festival Nasyid Tingkat Jawa Barat Tahun 2000, Terbaik Yel-yel Pilihan Pemirsa dalam Kuis Siapa Berani Indosiar tahun 2003, lolos Babak Bonus Kuis Siapa Berani Indosiar tahun 2003, dan Terbaik Yel-yel Pilihan Pemisa dalam Kuis Siapa Berani Sekali Indosiar tahun 2004.

Grup nasyid Senandung Madani saat tampil di acara launching MQTv Daarut Tauhid Bandung.. (Dok. Istimewa)
Grup nasyid Senandung Madani saat tampil di acara launching MQTv Daarut Tauhid Bandung.. (Dok. Istimewa)

Berbagai panggung pun telah mereka isi untuk menggaungkan syariat Islam lewat lantunan lagu-lagu nasyid mereka, seperti; tampil 3 kali di Kuis Siapa Berani di Indosiar,  acara Gerebeg Sahur di Lativi, dan launching MQTv Daarut Tauhid Bandung.

Kronologi Berdirinya Senandung Madani

Ali Efendi, Crew dan Admin Multimedia di Senandung Madani, saat diwawancarai Tim IslamicTunesNews, Senin (17/2/2020), ia mengatakan, “Senandung Madani adalah sebuah grup nasyid yang berdiri tahun 1998, dengan beranggotakan sembilan orang. Grup kami masih terus eksis sampai saat ini.

“Senandung Madani berawal dari aktivis madrasah yang tergabung dalam wadah Badko TKA TPA se-Kecamatan Cicalengka, yang kemudian  diberi nama Nasyid Al Amin Voice (N.A.V). Penampilan perdana kami pada tahun itu juga, dalam acara wisuda TKA TPA tingkat kecamatan. Meskipun hanya tingkat kecamatan, namun sejak saat itu nama grup kami mulai dikenal masyarakat dan banyak diminta untuk mengisi acara. Mulai dari acara pernikahan, hari besar islam, seminar-seminar, dan lainnya,” kata Ali Efendi.

Grup nasyid Senandung Madani saat tampil di panggung. (Dok. Istimewa)
Grup nasyid Senandung Madani saat tampil di panggung. (Dok. Istimewa)

Ali Efendi juga mengatakan, “Selain kegiatan nasyid yang rutin dijalankan, kami pun sering mengadakan kegiatan di luar bernasyid. Di antaranya kegiatan rutin pengajian, dan kegiatan sosial. Di samping kegiatan individu dari anggota tim yang memiliki profesi berbeda-beda. Ada yang guru, ustadz, karyawan, pengusaha, dan profesi lainnya.”

“Kami juga berkomunikasi dalam bentuk kerja bareng dengan grup nasyid lainnya,” kata Ali Efendi. (*)

Previous

Next

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *