Allail dari Penyiar Jadi Musisi Nasyid

IslamicTunesNews.net – Menjadi announcer pada sebuah radio dakwah di Kota Solo, membuka peluang bagi Alwi dan Ilyas untuk menjadi munsyid, yang kemudian mendirikan grup Allail Nasheed. Terpicu karena seringnya mereka diundang oleh stasiun-stasiun radio untuk jadi MC dan tampil membawakan nasyid.

Para personal grup Allail Nasheed. (Dok. Istimewa)
Para personal grup Allail Nasheed. (Dok. Istimewa)

Alwi saat kami wawancarai melalui akun Whatsapp-nya, Senin (3/2/2020) mengatakan, “Allail saya dirikan bersama Ilyas pada 16 September 2011. Nama Allail merupakan akronim dari nama kami. Agar lebih ada maknanya, ejaannya kami sesuaikan dengan nama surah dalam Alquran, Al-Lail. Harapannya, apa yang kita nyanyikan bisa membawa kebaikan. Seperti Alquran, yang di dalamnya terkandung banyak sekali kebaikan.”

“Awal berdirinya Allail bernama Science Voice, karena kami sama-sama mahasiswa di Jurusan Ilmu Komputer pada sebuah Universitas Negeri di Solo. Kami ikut rohis. Saya di rohis universitas, Ilyas di fakultas. Pada UKM nasyid di Fakultas MIPA kami bersua. Qodarullah, sampai sekarang Allail masih kompak. Kami ingin menyampaikan pesan-pesan positif melalui lagu-lagu nasyid kami,’ kata Alwi.

Lagu terbaru Allail berjudul Senandung Lagu Cintaku, berkonsep musik lebih ke pop. Videoklipnya dirilis pada tanggal 29 Maret 2019 di akun YouTube Al-Lail Nasheed channel. Lagu ini ditulis dan diaransemen oleh Alief Indonesia, direkam di Semarang.

Seperti yang dikatakan Alwi, “Inspirasi lagu ini dari pasangan hidup masing-masing, merupakan rasa syukur yang diilustrasikan dalam bentuk lagu. Ceritanya tentang seseorang yang telah menemukan separuh agamanya, setelah melewati penantian.”

“Kita harus bersyukur Allah sudah memberikan kita jodoh yang terbaik, suami atau istri kita saat ini. Jangan saling menuntut dengan menuruti ego, tapi saling mengertilah antara satu sama lainnya. Agar cinta yang dibina bisa kekal sampai surga,” kata Alwi.

Karya Lagu Allail Nasheed

Dalam perjalanan karir nasyidnya, selain lagu Senandung Lagu Cintaku, Allail telah merilis lagu; Pohon Cinta (2010), Citaku Sahabat Surgaku (2011) – Deen Assalam (2017 – cover), dan Yaa Maulana (2017 – cover).

“Selain menekuni nasyid, saat ini kami jadi Islamic Banker pada salah satu bank syariah di Indonesia. Saya berkantor di Semarang, Ilyas di Solo,” kata Alwi. (*)

Previous

Next

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *