Bagaimana Cara Lagu Saya Menghasilkan Uang?

Karya lagu adalah hasil dari kekayaan intelektual seseorang. Tapi belum semua musisi dapat memahami bagaimana cara melindungi karya lagu mereka, sehingga karya lagu mereka tidak dapat menunjang perekonomian mereka, terutama untuk produktivitas mereka dalam menghasilkan karya selanjutnya.

Bagi musisi profesional tentu sudah memahami dan melakukan proteksi terhadap karya lagu mereka. Berbeda dengan sebagian musisi pemula yang masih terbawa hanyut oleh arus euforia atas karya lagu yang dilahirkan, sehingga terlupa untuk untuk melindungi karya lagu sebelum dirilis.

Belantika musik yang bermakna usaha dagang di bidang musik, pada pola konvensional di era terdahulu, diancam oleh para pelaku pembajakan, yang mencetak ulang karya lagu seseorang dalam bentuk penjualan fisik; kaset pita, cd audio, vcd, dvd, tanpa perizinan dalam memperbanyak dan pemasarannya.

Bagaimana Cara Lagu Saya Menghasilkan Uang?

Pembajakan Lagu Secara Digital

Pada era kemajuan teknologi internet pada saat sekarang ini, tindakan pembajakan justru semakin liar. Namun hebatnya, musisi yang dirugikan tersebut tidak menyadari bahwa karya lagunya telah didistribusikan untuk keuntungan mereka sendiri.

Tindakan pembajakan lagu pada saat sekarang ini, tidak lagi melalui penjualan fisik, tapi secara pemasaran digital. Ketika seorang musisi mengunggah sebuah karya lagunya sendiri di YouTube tanpa melakukan perlindungan digital terhadap hak cipta lagu tersebut. Selang beberapa waktu, karya lagu tesebut akan muncul di banyak website yang menyediakan link download gratis terhadap lagu tersebut.

Seorang musisi akan makin merasakan pahitnya ketika karya lagu mereka sendiri di-claim hak ciptanya oleh mafia cyber. Efeknya, musisi tersebut tersebut tidak bisa memonetisasi lagunya tersebut di channel YouTube mereka sendiri, atau muncul opsi berbagi hasil yang tentu sangat merugikan. Resikonya juga bisa berbentuk penonaktifan sebagai mitra YouTube.

Sekarang tentu timbul pertanyaan, bagaimana caranya agar karya lagu kita bisa memiliki perlindungan hak cipta digital, agar karya lagu tersebut dapat menghasilkan uang untuk diri kita sendiri? Dan bagaimana karya lagu kita juga dapat tersedia di berbagai digital music store dunia dengan hasil yang juga dapat kita nikmati?

Satu aturan dasar yang perlu diketahui bersama, bahwa semakin banyak orang yang mendengarkan lagu Anda, semakin banyak uang yang dihasilkan, dan semakin sulit untuk dilacak.

Cara Agar Lagu Tidak Dibajak

Untuk menyikapi aturan dasar tersebut, cara termudahnya adalah dengan mengamanahkan karya lagu kita yang belum pernah dipublikasikan pada label musik Loonaq Records sebagai exclusive distributornya. Bagi lagu-lagu bertemakan umum, akan diurus langsung oleh Loonaq Records perlindungan digital hak ciptanya serta promosi dan pemasarannya. Bagi lagu yang bertemakan nasyid, religi, dan inspiratif, Loonaq Records juga akan memberikan perlindungan hak cipta digital terhadap lagunya. Sedangkan untuk promosi dan pemasarannya akan diserahkan pada platform IslamicTunes, divisi khusus dari Loonaq Records. IslamicTunes tidak hanya menerima lagu nasyid saja. Tapi juga konten audio islami lainnya, seperti; Tausiyah, Tilawah, Pembacaan Puisi Islami, dan lainnya.

Streaming Hub IslamicTunes Hanyalah Media Promosi, Bukan untuk Pemasaran Lagu

IslamicTunes menyediakan Streaming Hub IslamicTunes, sebuah aplikasi yang berisi khusus untuk penikmat konten audio Islami, sebagai media promosi bagi musisi pemula. Semua kontenpreneur dapat mengupload sendiri konten audio islaminya, baik yang telah memiliki copyright maupun yang belum. Media ini berguna untuk membangun network dengan pengusaha-pengusaha muslim dari beragam brand. Aplikasi Streaming Hub IslamicTunes dapat didownload secara gratis di Google Play Store.

Loonaq Records Tidak Lagi Memproduksi dan Memasarkan Lagu Secara Fisik

Untuk penjualan fisik, Loonaq Records dulu pernah melakukannya, tapi sekarang tidak lagi, sebab kekurangan sales dan memerlukan staf yang ramai. Tapi artis/kontenpreneur bisa mencetaknya sendiri dan memasarkannya secara penjualan pribadi. Diprediksi, tidak lama lagi peranan CD dan storage fisik akan ditelan waktu, karena tiada lagi pemain-pemainnya, akibat dari adanya teknologi streaming yang mengambil alih jualan fisik secara keseluruhan.

Untuk kedepannya, Loonaq Records akan memantapkan data penjualannya, apabila Fatin Shamimi, Pengurus baru Loonaq Records dapat membuat template yang sesuai, untuk pelaporan kepada kontenpreneurs setiap 3 bulan, jika penjualannya telah melebihi RM100, dan pembayarannya baru dapat dilakukan. Mengingat biaya transfer international yang mahal, agar tidak melebihi dari jumlah basis tersebut.

Dengan mempercayakan karya lagu kita pada Loonaq Records, kita dapat memastikan lagu kita terdaftar secara global, dan dapat memastikan setiap rupiah yang dihasilkan dari lagu kita untuk dikumpulkan.

Untuk lebih memahami bagaimana sebuah lagu dalam menghasilkan uang, berikut adalah daftar jenis-jenis royalti dan sumber pendapatan potensial lainnya yang dimiliki oleh lagu Anda.

ROYALTI MEKANIK

Royalti mekanik dibayarkan setiap kali lagu Anda direproduksi.  Sederhananya, setiap kali lagu Anda streaming pada platform streaming interaktif, seperti pada; Spotify, Apple Music, atau YouTube, atau mp3-nya diunduh seperti pada  iTunes atau Amazon. Artinya, lagu Anda telah direproduksi dan berhak atas royalti mekanik.

Tingkat royalti mekanis adalah tingkat menurut undang-undang yang ditetapkan oleh Dewan Royalti Hak Cipta.

Untuk produk fisik dan unduhan digital permanen, saat ini ditetapkan oleh ketentuan dunia pada sebesar 0,091 USD (9,1 sen) untuk lagu bedurasi makimal 5 menit. Setiap lagu yang memiliki durasi  lebih dari 5 menit,  ada penambahan sebesar 0,0175 sen untuk setiap menit tambahannya.

Untuk nada dering memperoleh sebesar 0,24 sen. Sedangkan untuk streaming interaktif, tarifnya bervariasi.

Sebagai contoh, jika royalti dihasilkan melalui streaming di Spotify, tarifnya akan berbeda, dihitung  berdasarkan apakah itu berasal dari jenis Premium atau langganan berbasis Iklan. Pada Apple Music, laju streaming interaktif dihitung dengan mempertimbangkan kategori pendengarnya, akan berbeda penerapannya pada siswa, keluarga, dan individu.

Formula untuk pembayaran ini didasarkan pada persentase dari pendapatan layanan digital, dikurangi royalti kinerja (yang dibayarkan melalui organisasi hak kinerja penulis lagu).

Di Amerika Serikat, masyarakat menggunakan Badan Harry Fox (HFA). Tapi, masing-masing penulis lagu tidak dapat bergabung langsung dengan HFA dan perlu bekerja dengan administrator penerbit untuk mendaftarkan lagu-lagu tersebut ke HFA untuk mengumpulkan pendapatan mekanis mereka. Loonaq Records dan IslamicTunes dapat membantu Anda untuk mengurusnya.

Contoh sumber pendapatan royalti mekanik adalah sebagai berikut:

  • Streaming interaktif (ketika seseorang memilih untuk mendengarkan lagu Anda melalui Spotify, Apple Music, YouTube, Tidal, Deezer, dll.)
  • Unduhan Digital (dari iTunes, Amazon)
  • Nada dering / ringback tersedia dari AT&T, T Mobile
  • Lagu covering (ketika orang lain merekam lagu Anda, Anda memiliki sebagian hak royalti pada lagu yang diproduksi oleh orang trsebut)
  • Karaoke (ketika seseorang membuat rekaman baru dari lagu Anda untuk keperluan Karaoke)
  • Kartu ucapan
  • Jukebox sesuai permintaan (seperti TouchTunes)

ROYALTI KINERJA

Royalti kinerja dihasilkan setiap kali lagu Anda ditampilkan di depan umum. Ruang lingkup royalti kinerja publik sangat luas dan beragam. Tiga area utama meliputi; radio, televisi, dan siaran langsung.

Royati selalu dihitung, setiap saat kali lagu anda diputar pada platform yang dimiliki Loonaq Records, juga pada pemutarannya di radio. Sepert halnya ketika anda mendengar lagu Anda yang benjadi backsound di radio, di televisi, atau di gym, penulis lagu akan menghasilkan uang. Royalti ini dikumpulkan oleh organisasi hak yang disebut PRO, seperti BMI atau ASCAP.

PRO mengeluarkan lisensi untuk pihak yang ingin menggunakan lagu mereka. Lisensi tersebut berupa izin penggunaan musik yang diinginkan agar mereka dapat menggunakan lagu yang tersedia di katalog PRO. Lisensi terebut memiliki batas waktu yang dapat mereka ajukan lagi untuk mendapatkannya. PRO kemudian melacak penggunaan lagu-lagu tersebut dan membayar royaltinya pada pemilik lagu, atas kinerja lagu-lagu tersebut.

Ada 150 PRO berbeda di seluruh dunia, Loonaq Records dan IslamicTunes bekerja bersama-sama dengan PRO lokal yang ada di negara Anda. Untuk memaksimalkan pengumpulan kinerja royalti juga menjalin kerjasama dengan platform-platform mayor yang ada di seluruh dunia. Loonaq Records dan IslamicTunes melakukan ini dengan cara mendaftarkan lagu Anda langsung ke PRO yang menghasilkan pembayaran kinerja royalti secara internasional untuk Anda, yang jauh lebih cepat dan akurat.

Contoh sumber pendapatan dari kinerja royalti adalah sebagaimana berikut:

  • Streaming interaktif (Spotify, Apple Music, YouTube, Tidal, Deezer dll.)
  • Radio (AM / FM)
  • Radio internet (seperti LoonaqRecordsFM, IslamicTunesFM, BMF.FM, BBC, KEXP, KCRW)
  • Radio satelit / streaming non-interaktif (seperti Pandora, Sirius XM)
  • TV (royalti siaran dibayarkan oleh penyiar acara televisi, film iklan, yang tidak masuk ke dalam biaya sinkronisasi, karena merupakan biaya lisensi yang dibayarkan untuk sinkronisasi musik dalam kategori gambar bergerak)
  • Restoran
  • Bar
  • Gyms
  • Tempat live concert
  • Mall / Supermarket
  • Toko eceran
  • Usaha kecil

Ketika seseorang menikmati lagu Anda, Anda memiliki sebagian kepemilikan pada lagu tersebut.

LISENSI SYNC (PEMBAYARAN SATU KALI)

Lisensi sinkronisasi adalah perjanjian antara pengguna musik dengan pemilik komposisi (lagu) yang memiliki hak cipta, yang memberikan izin untuk merilis lagu dalam format video. Izin ini juga disebut hak sinkronisasi.

Sinkronisasi mengacu pada sinkronisasi musik dengan gambar bergerak dan biasanya pembayaran dilakukan dalam satu kali pembayaran, yang memberikan hak kepada penerima lisensi untuk menyinkronkan karya lagu mereka dengan gambar bergerak.

Tidak ada nilai kurs yang ditentukan dalam negosiasi antara pihak-pihak yang berkepentingan. Ada beberapa variabel yang perlu dipertimbangkan saat menegosiasikan biaya sinkronisasi: jenis media,bagaimana musik digunakan (apakah itu tema, kredit akhir, latar belakang instrumental), panjang atau porsi musik yang digunakan, unsur integral lagu itu dengan adegan di mana ia digunakan, dan juga apabila lagu tersebut digunakan untuk pemasaran (dalam trailer, promo, serta produksi).

Loonaq Records dan IslamicTunes memiliki tim sinkronisasi berpengalaman yang dapat menegosiasikan kesepakatan ini atas nama Anda, dan memaksimalkan nilai lagu Anda. Penawaran sinkronisasi akan dinegosiasikan untuk: TV,  Iklan TV, Film, Trailer film, Promo TV, Video Game, Aplikasi Seluler.

Untuk kita ketahui, Micro-Sync adalah sumber pendapatan penting yang berasal dari platform seperti YouTube dan Tik Tok. Pada dasarnya, ini konsep yang sama dengan lisensi untuk film atau TV, sinkronisasi musik ke gambar bergerak, tetapi dalam skala yang jauh lebih besar. Sinkronisasi mikro secara khusus merujuk pada penggunaan musik massal pada konten yang dihasilkan pengguna. Sangat penting untuk dicatat bahwa pendapatan sinkronisasi mikro pada platform seperti YouTube juga menghasilkan royalti mekanik dan kinerja. (*)

Previous

Next

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *