Hayamusic Fasilitasi Generasimuda untuk Lahirkan Karya Musik

Memanfaatkan kemudahan dalam menjalin komunikasi pada kemajuan teknologi saat sekarang ini, Hayamusic menjaring bakat olah vokal para talent dari berbagai kota di Indonesia hingga Malaysia, untuk berkarya bersama demi menebar manfaat bagi masyarakat.

Hayamusic didirikan pada tanggal 4 September 2017 oleh Dini Apriyanti (penyanyi asal Sukabumi) dan Mochamad Adhi Nugroho (potografer asal Bandung). Saa ini Hayamusic atau disebut HMC (Haya Music Community) sudah menjangkau lebih dari 10 kota besar di Indonesia, termasuk luar pulau Jawa, seperti Banjarmasin, Riau, Medan dan juga sudah sampai ke wilayah Malaysia. Hayamusic sudah memiliki 246 personal.

Untuk mengenal Hayamusic secara lebih dekat, Tim IslamicTunesNews mewawancarai Dini Apriyanti, Rabu (9/10/2019).

“Siapa saja yang punya cita-cita ingin memiliki karya lagu lagu nasyid, musik positif, boleh bergabung dengan Hayamusic. Kami bersedia memfasilitasi dan membantu semua orang agar bisa berkarya dan bersama-sama membesarkan lagu-lagu positif agar makin dicintai oleh generasimuda,” kata Dini Apriyanti yang akrab dipanggil dengan nama Dinia.

Tujuan Hayamusic didirikan

Haya Music Production  dibuat dan dibentuk selain untuk mempertemukan para pecinta nasyid, religi dan lagu positif dari seluruh Indonesia, tetapi juga dibentuk dan diarahkan untuk dapat menghasilkan karya-karya yang luar biasa di bidang musik nasyid, musik religi, dan musik positif. 

Adapun tujuan kegiatan dilaksanakannya project Hayamusic ini adalah untuk;

  • Mempererat tali silaturahmi antar member yang kebanyakan berbeda kota dan wilayah.
  • Memupuk semangat untuk bekerjasama dalam satu tujuan.
  • Meningkatkan kreativitas member dalam bidang seni nasyid dan perfilman. 
  • Sebagai sarana pengembangan diri bagi member
  • Sebagai sarana kerjasama dalam promosi untuk media patner dan sponsorship.

Filosofi nama Hayamusic

Nama Haya di ambil dari kata ‘Hayya’, yang dalam bahasa Arab artinya kehidupan. Haya dalam bahasa Arab juga berarti gerakan dan penampilan yang bagus. Haya dalam bahasa Jepang bermakna cepat, dan ringan. Haya juga merupakan nama sejarah, bentuk feminin dari hyam, yang berarti kehidupan. Sedangkan Music itu dari bahasa Inggris yang artinya musik, berkenaan dengan aktivitas kami di dunia musik. Jadi Hayamusic bisa dimaknai dengan musik yang bisa membawa pada kehidupan yang lebih baik, dengan membina generasimuda yang cekatan dalam melahirkan karya-karya lagu yang mudah diterima dan bernilai positif bagi masyarakat.

Program Rutin Hayamusic

Saat ini Hayamusic memiliki tiga program rutin . Pertamanya adalah, program media sosial dan menjalin kerjasama denggan media partner atau endorsement. Dengan target; memiliki 1K subcriber tahun 2019, ‘One Month One Song’ (satu bulan launching satu lagu di channel youtube Hayamusic Official), target memiliki media partner sebanyak 20 hingga 50 unit kerjasama di tahun 2019, target advertising dengan menjadi media endors di Facebook Ads, Instagram, Joox, Spotify, dan video klip di karya Hayamusic yang dirilis.

Program keduanya adalah melakukan pertunjukan musik pada acara  resepsi pernikahan dan event lainnya, serta menjadi media partner untuk kebutuhan dokumentasi, baik foto maupun video.

Dan program ketiganya adalah membuat Academy Class, yang berorientasi untuk meningkatkan kemampuan olah vokal, dalam bentuk sharing music dan teknik olah vokal. Bisa digelar secara online, melalui media WAG, Facebook, YouTube, Instagram, dan lainnya.

Karya Lagu Hayamusic

Dalam perjalanan berkarya, Hayamusic telah melahirkan tiga karya lagu, baik dalam bentuk karya covering maupun karya lagu milik sendiri.

Lagu Pertama

Karya lagu pertama Hayamusic adalah meng-cover lagu Mama (Jonas Blue) versi muslim, terinspirasi dari video klip gen halilintar yang bisa memadukan berbagai suara vokal yang sederhana namun menjadi sebuah karya indah yang menampilkan komposisi yang pas. Jenis lagunya sendiri diambil dari aransemen musik beat yang sedang populer yaitu lagu Mama dari Jonas blue dengan penggantian lirik yang lebih positif. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perkenalan dari komunitas Hayamusic kepada para pecinta musik positif di Tanahair.  Tujuan utamanya adalah untuk dapat menerobos musik modern di kalangan anak muda dengan penggantian unsur lirik-lirik lagu yang positif.

Lagu Kedua

Lagu kedua dari Hayamusic yaitu ‘Jadi Nyata’, lagu ini merupakan single pertama Hayamusic. Musiknya dibuat oleh member Hayamusic yaitu seorang aranger musik muda yang berasal dari Jawa yang sekarang sedang berkuliah di Malaysia bernama Thoriq HM.  Banyak musik yang telah dia buat diantaranya beraliran DJ. Sedangkan liriknya dibuat oleh Isya Chendrikiawan merupakan seorang artis DA Asia Indosiar. 

Lagu Jadi Nyata ini merupakan lagu cerminan dari tujuan komunitas Hayamusic.  Bahwa jika ingin menjadi komunitas positif yang besar itu harus selalu konsisten dan selalu menjaga kekompakan dan keharmonisan antar member serta harus selalu menjalaninya dengan penuh cinta dan keikhlasan. Intinya sebuah mimpi besar itu akan bisa menjadi nyata jika kita yakin dan terus melakukan yang terbaik. Dan impian Hayamusic menjadi salah satu komunitas positif terbesar di Asia akan menjadi nyata jika dijalani dengan baik dan konsisten. 

Lagu Ketiga

Sebagai project rutin bagi Hayamusic, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, maka Hayamusic selalu mengadakan project cover lagu Ramadhan. Project tersebut merupakan Project ketiga yang dilaksanakan oleh Hayamusic, dengan maksud untuk meningkatkan apresiasi para member dalam dunia musik nasyid dan melatih rasa percaya diri member untuk dapat berkarya di dunia entertainment, khususnya untuk menjadi talent nasyid di YouTube.

Bekaitan dengan lagu terbaru Hayamusic yang berjudul ‘Jadi Nyata’, Dinia mengatakan, “Agar generasimuda dapat meraih kesuksesan tanpa mudah berputus asa, harus rajin berdoa, berikhtiar, memperbanyak berkumpul bersama orang-orang (lingkungan) yang tepat dan mendukung unuk berkarya. Salah satu caranya bergabung dengan Hayamusic, komunitas karya karya islami yang positif.” (*)

Previous

Next

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *